AMBON,KilasMaluku.- Sering padamnya listrik sudah tidak asing lagi bagi seluruh masyarakat di Wilayah Provinsi Maluku, termasuk Kota Ambon. Namun hal itu sudah dijadikan tradisi bagi pihak PT Perusahan Listrik Negara (PLN) (Persero) UIW Maluku- Maluku Utara.
Bagaimana tidak, padamnya listrik hingga ber jam-jam masi saja terjadi hingga saat ini, bahkan tidak diberikan informasi sebelum adanya Pemadaman. Pihak PLN selalu saja punya banyak alasan yang tak pasti.
Sebagai perusahaan nasional yang bergerak dibidang kelistrikan PLN harusnya dapat memberikan layanan pasokan listrik yang memadai bagi masyarakat Kota Ambon bahkan Maluku. Apalagi dihari besar keagamaan umat Islam yakni bulan ramadan. Yang mana kesibukan semua orang semakin tinggi termasuk dalam hal kebutuhan akan listrik.
Hal tersebut terlihat setelah salah satu hummas PLN, Syaiful yang dikonfirmasi KilasMaluku.id. menjadikan ganguan Gardu sebagai alasan menepis pertanyaan media.
Bukannya memperbaiki secepatnya agar lampu tersebut kembali normal, pihak PLN justru memberikan alasan tak masuk akal alias diluar nalar.
” Ada Gangguan di Gardu Induk Passo sehingga lampu mati,” tulis Hummas PLN menjawab pertanyaan KilasMaluku.id. Rabu (19/3).
” Kejadian yang sering berulang kali terjadi ini membuat pekerjaan kami terhambat” akui Rahmat salah karyawan yang bekerja dibidang advertising.
Hal senada dikeluhkan juga oleh Vivie wirausaha yang bergerak dibidang kuliner. Menurut Vivie kejadian padamnya listirk mengakibatkan produksi kuliner sangat terganggu dan peralatan yang digunakan juga mengalami kerusakan. ” Mati lampu ini sangat mengganggu dan merugiak aktiftas kami sebagai pedagang,” ujar dia dengan penuh kesal.
Tak sampai disitu, padamnya lampu membuat akademisi IAIN Ambon dan juga pengamat sosial Dr.Manaf Tubaka angkat suara.
Ia mengatakan bahwa manajemen PLN tidak profesional dan jadul alias kuno. Harusnya mereka kerja secara profesionaldalam hal mengatasi persoalan kelistrikan di Kota Ambon.
“Kalau kejadian mati lampu berulang seperti ini harusnya ada usaha preventif yang dilakukan oleh PLN dan harusnya ada perawatan secara berkala beberapa gardu PLN yang ada termasuk gardu induk yang ada di Passo ” ujar Tubaka.
Menaggapi hal itu, Awat Touhulula GM PT PLN (Persero) UIW Maluku-Malut saat dikonfirmasi Kilasmaluku.id, via pesan Whatsupp hanya berharap listik cepat kembali normal. “SEMENTARA DIUP DATE TIM,SEMOGA CEPAT NORMAL,TERIMA KASIH” ucap Awat dengan singkat (ZA).
