AMBON,KM– Untuk meningkatkan layanan perbankan dan mendorong ekonomi kerakyatan, Bank Mandiri secara resmi buka Kantor Cabang Pembantu (KCP) Gemba, di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Provinsi Maluku.
Peresmian Bank Mandiri KCP Gemba tersebut dilakukan oleh Dr Achmat Jais Ely ST, M.Si, selaku Pj Bupati SBB, pada senin (16/12/24).
Dalam sambutannya, Pj Bupati SBB menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bank Mandiri yang telah meresmikan kantor Cabang KCP Gemba.
“Saya berterimakasih kepada Bank Mandiri yang sudah meletakkan KCPnya di Gemba dengan tampilan baru dan yakin dengan hadirnya Bank Mandiri akan meningkatkan perekonomian di Kabupaten SBB ini” ucap Jais Ely.
VP Area Head Bank Mandiri Maluku dan Maluku Utara, A. Azizi Rahim menjelaskan, langkah ini menjadi bagian dari transformasi berkelanjutan perseroan untuk memberikan layanan terbaik bagi nasabah dan masyarakat.
“Kami berharap dengan adanya relokasi ini dapat mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal dan memberikan kenyamanan maksimal bagi nasabah”, jelas Azizi
Menurut Azizi, perekonomian Kabupaten SBB terus menunjukkan tren positif, dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 4,5% pada Kuartal III 2024 atau setara dengan Rp 1,25 triliun.
“Kami optimis, dengan layanan yang lebih baik, Bank Mandiri dapat berkontribusi lebih banyak dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan produktivitas masyarakat di Kabupaten Seram Bagian Barat”, imbuhnya.
Pertumbuhan ekonomi di wilayah SBB ini sebagian besar didorong oleh sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan. 36% dari total Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Komoditas unggulan seperti cengkeh, pala, dan hasil perikanan menjadi tulang punggung ekonomi Seram Bagian Barat, disusul sektor perdagangan (21%) dan industri pengolahan dan pertambangan (16%).
Melihat potensi yang terus tumbuh di SBB, Azizi bentuk relokasi KCP Gemba ini untuk dapat mendekatkan layanan finansial Bank Mandiri kepada masyarakat dan mendukung aktivitas ekonomi lokal.
“Lokasi KCP Mandiri yang baru ini juga dirancang untuk meningkatkan kenyamanan dan aksesibilitas masyarakat dalam bertransaksi,” katanya
Sekedar informasi, KCP Gemba yang telah beroperasi sejak 2014 dan bertransformasi menjadi cabang reguler pada 2023, kini hadir dengan fasilitas full branch. Nasabah, baik korporasi maupun retail, dapat menikmati layanan perbankan lengkap, mulai dari transaksi harian hingga fasilitas kredit.
Selain layanan cabang, Azizi menjelaskan, Bank Mandiri juga telah mengoptimalkan 31 Mandiri Agen di Kabupaten SBB dan agen Point of Services (POS) di Kecamatan Taniwel.
Dengan harapan, Kehadiran puluhan agen tersebut, akan menjadi perpanjangan tangan Bank Mandiri untuk menjangkau area yang lebih luas serta memastikan seluruh masyarakat dapat mendapatkan akses keuangan dengan mudah.
“Harapan kami, Bank Mandiri tidak hanya menjadi mitra keuangan, tetapi juga motor penggerak ekonomi yang mampu mendorong pengusaha lokal untuk berkembang, baik di pasar domestik maupun internasional”, tandasnya.
Sebagai bagian dari transformasi digital, Bank Mandiri juga memperkenalkan aplikasi Livin’ by Mandiri untuk nasabah ritel dan Kopra by Mandiri untuk nasabah korporasi.
Untuk diketahui tentang Bank Mandiri
Bank Mandiri merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia dengan layanan finansial kepada nasabah yang meliputi segmen usaha Corporate, Hubungan Kelembagaan, Commercial, Micro & SME, Consumer Banking, Treasury dan International Banking.
Bank Mandiri pada saat ini bersinergi dengan beragam perusahaan anggota konglomerasi keuangan Mandiri Group untuk menyediakan bermacam produk dan jasa serta mendukung bisnis utamanya yaitu: Mandiri Sekuritas (jasa dan layanan pasar modal), Bank Syariah Indonesia (perbankan syariah), Bank Mandiri Taspen/Mantap (kredit UMKM), AXA-Mandiri Financial Services (asuransi jiwa), Mandiri Tunas Finance (jasa pembiayaan), Mandiri Utama Finance (jasa pembiayaan), Mandiri International Remittance (remitansi), Mandiri Europe (treasury & financial institution), Mandiri Capital Indonesia (pembiayaan modal ventura), dan Mitra Transaksi Indonesia (payment point online bank).
Melalui kolaborasi ini, seluruh anggota grup keuangan Mandiri Group memiliki kinerja solid dan menjadi pemain utama di segmen bisnis masing-masing.
Dalam ekspansi bisnis, Bank Mandiri terus mengembangkan layanan dan produk perbankan digital yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan nasabah korporasi dan retail.
Kopra by Mandiri merupakan solusi digital bagi industri nasional yang menyatukan para korporasi sampai pelaku usaha kecil menengah dalam suatu ekosistem digital single access yang sangat mudah dan solutif seperti layanan Cash Management, Forex, Trade & Guarantee, Supply Chain Management, Virtual Account sampai solusi keuangan terintegrasi berbasis Application Programming Interface (API).
Sedangkan layanan digital retail meliputi aplikasi Livin’ by Mandiri, kartu prabayar Mandiri e-money, serta layanan informasi berbasis kecerdasan buatan Mandiri Intelligent Assistant (MITA) pada akun resmi WhatsApp Bank Mandiri di +62 811-84-14000.
Hingga September 2024, jaringan Bank Mandiri telah tersebar di seluruh Indonesia yang meliputi 139 Kantor Cabang (KC) dan 2.056 Kantor Cabang Pembantu (KCP).
Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 12.884 unit ATM, CRM dan CSM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, 257.676 Electronic Data Capture (EDC) serta jaringan e-banking yang meliputi Livin’ by Mandiri, SMS Banking dan Call Center 14000. (KM01)
